Latest News

Nutrisi Agar Hidup Sehat

Nutrisi Agar Hidup Sehat – Makanan maupun minuman adalah nutrisi serta obat yang paling mujarab untuk tubuh dan jiwa manusia. Seperti seorang sahabat yang baik hati, menu yang kita konsumsi benar bisa membuat kita sehat, segar, nyaman dan bugar jiwa serta jasmani . Buah dan sayuran cocok untuk penderita pasien diabetes. Makanan banyak serat baik untuk kolesterol tinggi. Sayur dan susu sumber kalsium berguna bagi tulang keropos. Minuman seperti teh , kopi, coklat bahkan bisa menyegarkan juga.
Justru sebaliknya, orang yang alergi ,sensitif terhadap masakan tertentu atau lantaran cara masak yang salah, akan timbul minyak jenuh atau pun minyak trans yang tentu saja bisa membahayakan bagi kesehatan.



Nutrien Di Dalam Makanan
Kandungan makanan ataupun minuman tersimpan sejumlah nutrien atau zat gizi . Nutrien ini terdiri bahan kimiawi yang bermanfaat untuk mempertahankan, membangun, menggantikan sel jaringan dalam tubuh yang rusak. Semua yang anda rasakan seperti membau, mendengar , mengecap sesuatu, bernapas, berpikir, melihat, bergerak, berjalan . Segala nya yang bisa dilakukan oleh tubuh dimungkinkan ada nya nutrien atau zat gizi.
Ada 2 kelompok nutrien ,Makronutrien (Macronutrient) dan Mikronutrien (Micronutrient). Makro (Besar) adalah karbohidrat, air, protein, lemak, yang hitungannya dalam sekian gram atau puluhan gram ,bahkan bisa ratusan gram. Mikro (kecil) adalah mineral dan vitamin, yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil yaitu dalam miligram bahkan juga bisa mikrogram.

Adapula yang dinamakan bahan fitokimia (phytochemicals) yang bisa dikatakan juga ke dalam kelompok mikronutrien . Yaitu senyawa kimiawi yang dijumpai jumlahnya fito (phyto) ataupun tumbuh-tumbuhan seperti biji-bijian, buah, sayur. Yang termasuk kedalam fitokimia : Flavonoid (ditemukan dalam cokat, biah, teh, sayuran) ; Phytosterol (didapat dari kacang-kacangan, minyak sayurn, biji-bijian) Isoflavone yang banyak di jumpai dalam kacang-kacangan dan produk kedelai ; Carotenoid ( ditemukan pada beta-carotene, lutein, dan lycopene, bahan-bahan tersebut banyak ditemukan di wortel, buah / sayuran, dan tomat, atau juga sayuran yang berwarna kuning atau oranye) .
Tubuh manusia dibangun nutrien-nutrien makro dan mikro itu tadi. Jika di total komposisi dalam tubuh manusia , maka 60% terdiri dari air, 20% lemak, sisa nya 20% gabungan antara mineral, vitamin, protein, karbohidrat.
Ada juga nutrien yang dinamakan dengan Esensial (essential nutrient) yaitu zat gizi yang disediakan dalam makanan. Tubuh manusia sendiri tidaklah mampu untuk mencukupi kebutuhan nutrien itu sendiri. Misalnya protein, itu perlu datangnya dari makanan. Dan juga vitamin C.


Sebuah penyakit seperti yang nama nya Kwashiorkor (kurang gizi) akan muncul karena tidak cukup protein dalam makanan , kurang vitamin C juga membuat gusi berdarah (penyakit Scurvy). Jika anda mengkonsumsi vitamin C untuk mengobati penyakit dari kurang gizi tidak bisa, harus di beri protein . Beberapa asam amino (untuk protein) mineral dan juga vitamin merupakan nutrien esensial, harus ada dalam menu makanan sehari-hari yang dikonsumsi. 

3 Responses to "Nutrisi Agar Hidup Sehat"