Latest News

Nutrisi Bagi Penderita Hipertensi

Nutrisi Bagi Penderita Hipertensi – Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi semakin lama semakin meningkat , seiring bertambahnya waktu, seiring pula bertambahnya usia, semakin banyak yang menderita hipertensi ini.
95% penderita hipertensi tidak diketahui penyebabnya, dan yang 5% bisa karena faktor penyakit lain ataupun obat-obatan tertentu. Misalnya obesitas, ginjal, gangguan pada tiroid, kehamilan dan banyak lagi.



Tabel tekanan darah

Tekanan Darah (mmHg)

sistolik
Diastolik
Normal
<120
<80
Pre-Hipertensi
120-139
80-89
Hipertensi
≥140
≥90

Tidak hanya cukup diet tapi juga harus mengatur pola hidup yang sehat agar mampu menangani masalah hipertensi yang sangat umum dan siapa saja bisa kena, maka kita harus berjaga-jaga untuk menghindari penyakit tersebut.

DIET DASH (DIETARY APPROACHES TO STOP HYPERTENSION)
Sangat cocok untuk penderita hipertensi, yaitu banyak makan sayuran dan buah, diet ini rendah lemak, lemak jenuh nya tidak melebihi dari 10% ,dan total lemak 27% dari semua kalori yang masuk ke badan. Diet DASH ini banyak mengutamakan asupan yang masuk magnesium , kalium, kalsium, dan juga serat, ikan atau ayam. Namun daging merah dalam melakukan diet ini jumlahnya sangat sedikit sekali.
Total kalori yang di konsumsi dalam sehari adalah sebanyak 2000 kalori. Kandungan garamnya hanya sekitar 6,5 gram.



Gaya Hidup Yang Betul Dan Seharusnya
Orang yang obesitas , kegemukkan atau kelebihan berat badan itu harus di kikis atau dihilangkan lemaknya , agar tidak terkena penyakit-penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuhnya setiap saat , contoh penyakit sederhana adalah hipertensi ini. Kebiasaan buruk harus dihilangkan yang bisa memicu penyakit seperti bermalas-malasan, merook, minum alkohol, kopi, merokok, stres. Orang yang mendeerita Hipertensi haruslah sangat dianjurkan untuk olahraga aerobik , paling tidak selama 30 menit sehari dalam setiap hari.

Kalsium dan Kalium
Diet yang cocok dan baik untuk orang penderita hipertensi adalah yang banyak mengandung mineral kalium dan juga kalsium. Makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu serta produk susu lainnya, juga sayauran hijau. Sedangkan kalium di temukkan pada buah dan sayuran lain nya seperti bayam / kentang, labu, pir, jeruk, produk susu, daging, unggas, hanya saja kadar lemak jenuh yang terkandung di dalamnya lbih tinggi .


Mengurangi Kandungan Garam / Mengurangi Konsumsi Garam
Penderita hipertensi harus mengurangi / menjauhi garam agar tidak membuat parah hipertensi nya. Dengan cara seperti : memilih bumbu masak dari bahan tumbuh-tumbuhan, tidak menambah garam pada hidangan yang ada di depan kita, jangan menambahkan/ memakai kecap karena 1 sendok kecap sama dengan 1200 mg garam, mengkonsumsi buah alami bukan dari kalengan, memilih sayur yang segar jangan sayur yang sudah di proses, makanlah sereal atau pun menu makanan lain yang rendah garam, kalau mau beli makanan ingatlah yang rendah garam.

Sehat berawal dari diri kita sendiri , apabila kita malas untuk menjaga kesehatan kita , ya memang akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang setiap saat bisa saja menghampiri kita. Oleh karena itu penting untuk kita menjaga kesehatan diri sendiri.



0 Response to "Nutrisi Bagi Penderita Hipertensi"