Latest News

Nutrisi Untuk Penderita Diabetes

Nutrisi Untuk Penderita Diabetes  - Gula yang telah menumpuk dalam peredaran darah membuat tubuh tidak hanya lemah, lesu,lunglai, lemas, tidak bertenaga. Itulah yang terjadi pada orang yang menderita diabetes ataupun kencing manis ,dan tidak hanya itu, karena gula yang berlebihan akan merusak banyak organ seperti otak, ginjal, dll. Jadi bisa disimpulkan diabetes bisa timbul karena pengaturan cara diet yang salah dan juga gula darah yang tidak terkendali dalam tubuh .



Jam Makan Yang Teratur
Hng adalah mengatur jam makan , karena kita sangat amat perlu asupan hal yang penting, karena tanpa makan juga tubuh kita akan lemas, tidak bertenaga, bahkan juga sakit berbagai macam, tapi makan berlebihan juga akan menyebabkan penyakit pula, jadi kita dalam mengkonsumsi asupan apapun itu kita harus sangat berhati-hati. Oleh karena itu kita harus menjaga dan mengatur pola makan kita sehari-hari, jika pengaturan 2x pola makan terlalu lama maka gula darah akanb drop, jika terlalu pendek maka gula darah akan tinggi. Jarak 2x makan yang ideal adalah 4-5jam . Ini sangat amat penting bagi penderita diabetes tipe 2 yang biasa nya mengkonsumsi obat diabetes. Mengatur jarak makan ini penting karena memungkinkan pankreas bisa membentuk insulin dalam tubuh yang cukup,serta berguna agar tubuh bekerja mengatur pengangkutan gula ke sel-sel tubuh.

Sarapan Pagi
Ingat bahwa sarapan apgi ini sangat penting jadi jangan sampai kita melewatkannya. Jika ada makanan ataupun asupan yang masuk ke tubuh kita di pagi hari, tidak hanya bisa membuat kita bisa berpikir dengan baik, bisa lebih kreatif, lebih fokus, bisa belajar dengan lebih baik dan cemerlang, bila bekerja lebih efisien, tapi perlu diperhatikan juga supaya jumlah makan siang nya juga jangan berlebihan. Apabila tidak sempat sarapan, dengan alasan tertentu, anda tetaplah harus mengisi perut dengan sejumlah kalori untuk mengganjal perut anda seperti, buah roti, yoghurt,sereal.

Kudapan Atau Snack
Sebenarnya kalau berbicara snack, kudapan, cemilan, itu tidak lah wajib untuk ada, kecuali jika kegiatan kita aktif untuk bergerak, sering atau banyak olahraga, usia remaja atau anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, serta ibu yang sedang hamil dan menyusui. Tapi kebiasaan dan gaya hidup sekarang ini lebih cenderung banyak cemilan / kudapan / snack. Dimana saja banyak cemilan, di meja kantor, lemari, kulkas, meja makan, kamar tidur. Hal ter sebut dapat dengan mudah memicu kenaikan gula darah, serta bisa membuat kita gemuk.
Walauppun senang menikmati makanan ringan harus bisa teratur, bisa kita atur 1, 2, atau 3 kali sehari. Bisa di sela-sela anatara jam makan pagi dan makan siang, atau antara makan siang dan makan malam. Terlalu sering menikmati snack dan tiada berhenti akan merusak kinerja insulin. Untuk itu agar bisa kenyang namun tidak menambah ekstra kalori buah segar adalah pilihan yang sangat amat tepat untuk di jadikan kudapan atau cemilan.




Contoh pengaturan waktu makan : sarapan pagi (jam06.00-07.00), makan siang (jam 11.00-13.00), makan malam (jam 18.00-19.00) .

Kiat Menu Diabetes Dalam Sehari-hari
-Selalu makan tepat pada jam dan waktu nya, jangan sampai terlewatkan.
-Jumlah asupan porsi nya jangan sampai berubah.
-Sarapan pagiMakan siang, makan malam, tetap harus selalu dilakukan.
-Jika ingin menurunkan berat badan, kurangi atau hindari makanan berlebih & lemak tinggi.
-Buat menu untuk bervariasi agar membuat anda tidak bosan, misalnya mencoba makanan 
  baru yg belum pernah anda coba
-Sukai lah buah, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, karena itu sangat baik untuk tubuh.

-Jauhi makanan berlemak, manis,dan asin.

0 Response to "Nutrisi Untuk Penderita Diabetes"